Tetabuhan bertalu diantara pekik pelantun syair tradisional yang mengiringi penampilan penari yang menyambut kedatangan saya dan rekan rekan blogger. Atraksi penari bertubuh gempal dengan penutup kepala dan aksesoris nan khas disekujur tubuh itu begitu kontras dengan balutan busana yang berasal dari janur kelapa yang sontak menyita perhatian kami malam itu.  Ia tak hanya bergerak menari tetapi juga memekikkan telinga dengan teriakan teriakan yang khas pada beberapa bagian dari hentakan musik  dalam  tampilan secara keseluruhan. 

sajian selamat datang yang menyambut kedatangan Bloggers

Seperti biasa, saya dan teman teman blogger menikmati atraksi meriah selamat datang tersebut dengan penuh suka cita. Beberapa menari mengikuti hentak tabuhan tabla yang begitu dinamis. Beberapa lainnya – termasuk saya, penuh semangat merespon teriakan penari, kapan lagi kan bisa teriak teriak kayak orang kesurupan, hahaha. Sajian yang menyambut kami diawal tersebut ialah  Theyyam Dance atau juga familiar dengan sebutan Kaliyattam yang merupakan salah satu tarian ritual dari masyarakat Kerala bagian utara.

the great musicians

 Usai di arak dengan rombongan gendang dan penari berbusana janur kelapa dari bagian lobby hingga ke sebuah taman dibagian dalam, kami menerima ucapan selamat datang dari owner Vythiri Village Luxury Span Resort – Wayanad. Suasana malam begitu indah dan meriah, tata lampu dan meja prasmanan beragam jenis hidangan tersaji di taman bagian tengah nan luas itu. Puluhan round table untuk makan malam sengaja di siapkan untuk kehadiran para kami. 

suasana pesta taman  – dinner area presented by Vythiri Village

Atraksi meriah selanjutnya berupa tampilan sepuluh pria muda berkostum putih melingkar dan memainkan alat berupa bilah kayu yang dipukul secara ritmik sehingga menghasilkan suara yang harmonis. Saya terpukau dengan keharmonisan gerak dalam ritme yang terbilang cepat termasuk pengucapan syair syair yang juga cepat.  Awalnya saya sempat bertanya dalam hati soal kursi plastik yang rombongan penari  tersebut letakkan ditengah lingkaran dalam penampilan mereka. Ternyata, kursi tersebut berfungsi sebagai poros tengah dari gerakan dinamis yang mereka lakukan seacra berputar dan berbalik arah dalam lingkaran yang mereka buat.   Tarian yang dinamis tersebut bernama Vattakali – merupakan jenis tarian dari suku Mullukuruman di Wayanad – Kerala. Sebagai tarian adat istiadat yang senantiasa di tampilkan, tarian Vattakali  sarat akan syair yang berisikan petuh bijak hingga pesan pesan keagamaan. Menyimak mereka sungguh melenakan mata.  Kagum saya pada kepiawaian mereka dalam melestarikan nilai nilai seni dan budaya daerahnya.

sajian atraktif Vattakali

Kebersamaan dalam suasana makan malam persembahan Vythiri Village terus berlanjut. Tapi disela aktivitas makan malam muncul kembali sosok penari Theyyam yang menyambut kami pada awal kedatangan tadi. Tapi kehadirannya kali ini lebih menyita perhatian dan membelalakkan mata, pasalnya, si penari yang berbusana janur kelapa tersebut hadir dengan perlengkapan penunjang berupa bilah api – serupa dengan obor tetapi dibentuk simetris dan diletakkan di bagian pinggang penari sehingga bilah api tersebut menjadi daya pikat sajian di setiap penjuru. Tak hanya itu, sosok penari yang masih berteriak teriak di antara interval musik tersebut juga membawa bilah obor dikedua tangannya. 

 Yang membuat jatung berdegub kencang adalah ketika si penari yang berhias api tersebut berputar putar dengan cepat sehingga percikan api mengenai kami yang menyimak di bagian depan. Sontak beberapa diantara kami memilih posisi aman dibagian lain, hahahahha, lumayan Ngeri juga takut kesamber api broh!!.Hahahaha. Ternyata sajian atraksi tari Theyyam menggunakan api tersebut merupakan puncak dari ritual tarian itu sendiri yang biasanya kerap ditampilkan dalam beragam acara acara keagamaan, festival hingga penyambutan tamu.

happy face on happy moment.

VYTHIRI VILLAGE – NATURE & LUXURIOUS EXPERIENCE.

Ternyata, kebahagiaan kami sebagai blogger tak hanya sebatas suasana meriah dalam penyambutan dan makan malam yang begitu lezat saja, tetapi juga suasana alam yang ditawarkan saat bermalam di Vythiri Village.

the lobby of Vythiri Village

Saat pertama menjejakkan kaki di halaman depan hingga masuk ke bagian lobby dari Vythiri Village,  saya fikir luas kawasan hanya sebatas pandangan mata saja. Ternyata saya keliru.  Pada sore sebelum makan malam berlangsung meriah, saya telah dibuat terpukau oleh kawasan Vythiri Village yang ternyata begitu luas. Hal tersebut terjadi ketika saya dan teman teman ingin menikmati kolam renang dalam kawasan Vythiri Village yang ternyata harus ditempuh dengan mengendarai mobil kecil yang senantiasa siap sedia di bagian halaman depan dari lobby hotel.  

so much fun and enjoy the Pool

the waterfalls

waterfalls & poolside.

Bentuk kolam renangnya pun sungguh unik. Terletak di ketinggian dan bersinggungan langsung dengan air terjun kecil yang terletak di sudut kolam renang. Saya dan teman teman bahagia bukan kepalang ketika bisa menikmati waktu santai sore di kolam renang yang kece abis itu.  Kapan lagi kan, bisa leyeh leyeh manjah berenang dekat air terjun dan bentangan alam yang hijau memesona. 

Vythiri Village Luxury Spa Resort – photo from web of Vythiri Villages

Saol penataan kawasan, Vythiri Village menjaga betul keasrian lingkungan dengan tetap mempertahankan beberapa pepohonan rindang dan hijaunya kawasan resort yang luasnya mencapai puluhan hektar tersebut. Yang menarik, kawasan Vythiri Village dilengkapi oleh beragam fasilitas penunjang yang istimewa. Tengok saja kebun teh dan kebun kopi yang jadi bagian dari fasilitas bersantai dan edukasi yang ditawarkan oleh Vythiri Village bagi pengunjung yang bermalam. Selain itu, ada pula sajian mewah dari spa resort ini yang bisa melenakan para tamu, yakni spa & massage club yang wajib dimanfaatkan pengunjung selain kelas Yoga yang juga istimewa.  Tak hanya itu, Vythiri Village juga di lengkapi dengan Convention Center and Conference Halls yang dapat dimanfaatkan untuk event MICE, music event ataupun wedding.

 

Vythiri Village Convention and Conference Hall – photo from Web Vythiri Village

Tak hanya itu, bagi kamu yang berkesempatan bermalam di Vythiri Village tersedia beragam pilihan kamar yang bisa dijadikan pengalaman bermalam kamu. Nah, soal pengalaman bermalam saya yang terbaik dari kamar yang saya tempati adalah tersedianya kolam renang pribadi di dalam kamar!!. WOW!!. Berasa Artesss!!! Kebayangkan serunya punya private pool dalam kamar tidur sendiri.Bisa berendam manjaahhh main busa busa gitulaah, hahahah. Truly Luxurious!!. 

 

private pool on  my room. love it.!!

my room here….luxurious …

Sayang keindahan dan lengkapnya fasilitas di Vythiri Village hanya saya nikmati dalam sehari semalam saja.  Meski begitu, menikmati keindahan alam dalam penataan nan asri dan tersedianya fasilitas penunjang yang mewah jadi pengalaman tersendiri. 

salah satu tampilan vila dalam Vythiri Village yang menyatu dengan suasana hijau alami – photo from web Vythiri Village

  

VYTHIRI VILLAGE – A LUXURY SPA RESORT

NH-212, Near Vythiri Town, Vythiri P.O., Wayanad – 673 576, Kerala, India