…“don’t forget your back pack for tonight”, begitu panitia mengingatkan kala sarapan pagi. Sehari sebelumnya, kami sudah diingatkan untuk memisahkan antara koper dan tas yang akan di bawa untuk mengikuti kemah.

Hhhmmm… denger kata kemah, mulailah imajinasi saya menerawang jauh. Terakhir ngerasain kemah pas dulu zaman SMA! hahaha. Kebayanglah suasana kemah di tanah lapang yang jauh dari keramaian. Tapi memang sudah jadi tekad sejak tanah air, bahwa kehadiran saya dalam Kerala Blog Express untuk menikmati segala rangkaian yang dibuat panitia. Jadi apapun yang diberikan, akan saya nikmati.

Bis yang membawa kami berhenti di sebuah bagian lapang tepat pinggir jalan yang tak jauh dari kawasan hunian warga. Sekitar pukul 8 malam kala itu. Suasana sekitar gelap. Beberapa penduduk lokal berkumpul menyambut kami. Saya fikir kami telah tiba di lokasi kemah yang dimaksud. Ternyata belum. Kami diminta turun dari bis dan menaiki beberapa mobil jip yang telah disiapkan dengan membawa serta tas perlengkapan bermalam kami masing masing.

Perjalanan dengan naik mobil jip dimulai dengan kondisi jalan menanjak dan bebatuan. Seisi mobil terpuntal puntal. Kami pun terbahak bahak menikmati kondisi jalan. Beberapa teman mengabadikan kondisi jalan yang menantang malam itu. “are you ready to camping, guys?!” teriak Jordan – vlogger dari Inggris pada kami seisi mobil. Kami pun teriak antusias. “sudahlah Ndra, hadapi dengan happy aja. Mau kemah kayak mana juga nikmati aja…” begitulah kiranya saya menghibur diri sendiri, hahaha. Kebayanglah suasana kemah dengan temaram, di tanah lapang tengah hutan, belum lagi tenda yang sempit. Huft!!…dahlah nikmati aja!.

the view of Kalypso Adventures Camping area

green area around Kalypso Adventures Camping

AUTHENTIC HAPPY ON KALYPSO ADVENTURE

Setelah merasakan sensasi bepuntal-puntal menaiki mobil jip sekitar 15 menit. Kami serombongan tiba di kawasan kemah yang dimaksud. Kalypso Adventures.
Setelah disambut oleh team Kalypso kami disilakan memasuki bagian dalam sebuah bangsal luas tempat dimana kami akan diberi beberapa penjelasan soal apa itu Kalypso Adventure termasuk jadwal kegiatan selama kami di kawasan Kalypso Adventure. Selama penjelasan berlangsung, mata saya mulai bergerilya menatap kawasan sekitar dari posisi saya duduk. Gambaran yang mata saya dapat, jauh dari apa yang saya bayangkan sebelumnya. Suasana perkemahan Kalypso tidaklah seperti yang saya bayangkan. Dalam gelap malam terlihat jelas tenda tenda perkemahan tempat kami bermalam. Tapi bentuk tendanya besar, kokoh dan tertata dengan apik dibagian kiri dan kanan dari bangsal dimana kami berkumpul.

menyimak arahan team Kalypso Adventures

Seusai perkenalan team Kalypso dan penjelasan soal aktivitas esok pagi, kami di arakan untuk menaruh barang di tenda yang nama nama nya telah ditentukan. Saya bersama roommate – Dipanshu – blogger India mendapat tenda nomor 3. Bergegaslah saya dan Dipanshu menuju tenda yang dimaksud yang jaraknya tak jauh dari bangsal tempat kami berkumpul. Saya dan Dipanshu sontak senang ketika melihat langsung fasilitas dalam tenda yang jauh dari bayangan. Di hadapan kami, tersedia dua ranjang tidur lengkap dengan bantal, selimut tebal dan juga dilengkapi sleeping bag. Tak perlu AC atau kipas angin, karena udara kawasan perkemahan telah sejuk. Bagian dalam dari tenda pun cukup luas. Ada dua handuk dan perlengkapan mandi. Juga dua botol air mineral dan obat nyamuk elektrik tersedia di sudut ruangan. …”Hhmm …ini sih nyaman banget!!”. ucap saya dalam hati. Hilanglah kecemasan soal kemah dengan suasana seperti di masa pramuka dulu, hahahah.

bagian dalam dari tenda saya dan Dipanshu

Kalypso Adventures yang fokus pada kegiatan kegiatan petualangan, alam dan eko wisata ini tetapi juga sebagai tempat yang peduli pada lingkungan dan kelestarian alam sekitar dengan menjadikan alam sebagai sarana wisata edukasi bagi pengunjung. Bertempat dikawasan sejuk dalam area perkebunan teh di Munnar, Kalypso Adventures juga menyediakan beragam kegiatan yang berorientasi pada alam yang dapat dimanfaatkan peserta kemah. Mulai dari kegiatan bersepeda, trekking, kayaking, family / corporate holiday hingga paket paket wisata minat khusus lainnya. Sebagai kawasan berkemah , Kalypso Adventures dilengkapi fasilitas memadai , tengok saja beragam macam ukuran dan bentuk tenda yang menarik dengan sarana bermalam yang menunjang. Begitu pula soal toilet yang tertata rapih dan juga bersih. Dan yang paling saya suka adalah personal Kalypso team yang bersahabat pada pengunjung. Makin bikin nyaman ada kawasan Kalypso Adventures.

clean toilet

bangsal – meeting point

 

Setelah menaruh barang dalam tenda masing masing, kami diarahkan untuk menikmati makan malam yang telah disediakan dibagian lain dari kawasan perkemahan. Suasana makan malam semakin hangat dengan adanya api unggun yang kemudian jadi perekat kebersamaan rombongan blogger dan Kalypso team. Rentetan keseruan pun terjadi di dekat api unggun setelah makan malam kala itu. Setelah menghibur diri dekat api unggun, kami semua kembali ke tenda masing masing untuk istirahat. Karena esok akan melakukan aktivitas menantang yang membutuhkan banyak energi.